4.5
(19)

Jasa Pengurusan Akta Perusahaan di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Setiap badan usaha yang berdiri harus memiliki bukti otentik guna sebagai bentuk pengesahan perusahaan di mata hukum Indonesia. Akta pendirian perusahaan bersifat urgensi karena menjadi salah satu syarat legalitas sebuah PT atau CV.

peraturan-pemerintah

Akta Perusahaan

Setiap badan usaha yang berdiri dan memiliki akta pendirian ini akan membuat para pemiliknya menjadi lebih mudah untuk menjalin ikatan kerja sama dengan banyak instansi. Dengan kata lain, supaya suatu PT dapat menjalankan fungsinya dengan baik, maka harus memenuhi salah satu persyaratan ini.

Akta pendirian perusahaan adalah sebuah dokumen yang berisikan segala informasi penting terkait dengan PT atau CV yang didirikan. Itu meliputi nama perusahaan, lokasi perusahaan dan informasi lainnya. Akta ini merupakan dokumen yang dibutuhkan sebagai bukti bahwa sebuah perusahaan berdiri dan sah di mata hukum Indonesia. Baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar.

Dasar Hukum Akta Perusahaan

Apa dasar hukum akta pendirian perusahaan ? Dasar hukum akta ini tertuang pada Undang-Undang nomor 40, Tahun 2007, Pasal 7 dan 8 ayat (1), tentang Perseroan Terbatas.

Isi Akta Pendirian Perusahaan

Adapun isi yang tercantum dalam akta pendirian perusahaan meliputi beberapa hal sebagai berikut :

  • Nama resmi perusahaan yang didirikan
  • Lokasi atau tempat kedudukan resmi perusahaan
  • Bidang usaha yang dijalankan oleh perusahaan
  • Tujuan didirikannya perusahaan
  • Jumlah modal saat pendirian perusahaan
  • Sistem kepengurusan di perusahaan
  • Anggaran dasar serta anggaran rumah tangga perusahaan

Syarat Pembuatan Akta Pendirian Perusahaan

Setiap badan usaha yang berdiri dan ingin menjalankan usahanya dengan lancar, wajib memiliki Akta Perusahaan. Oleh karena itu, bagi PT atau CV yang hendak mendirikan usaha harus terlebih dahulu memenuhi syarat-syarat pembuatan akta pendirian perusahaan.

Dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai syarat pembuatan akta pendirian perusahaan ini nantinya akan diserahkan pada notaris untuk segera diproses.

Adapun syarat-syarat yang dimaksud meliputi sebagai berikut :

  • Fotokopi NPWP direktur dan komisaris
  • Fotocopy KTP direktur dan komisaris
  • Pas foto direktur ukuran 3 x 4 dengan background merah
  • Nama perusahaan terdiri dari 2 (dua) suku kata, dan harus mengandung Bahasa Indonesia bagi perusahaan dengan saham 100% oleh Warga Negara Indonesia.
  • Penjelasan terkait bidang usaha yang akan dijalankan

Proses Pembuatan Akta Pendirian Perusahaan

Setelah pemilik perusahaan melengkapi syarat-syarat pembuatan akta pendirian perusahaan, maka tahap selanjutnya adalah membuat akta pendirian tersebut. Dalam pembuatan akta pendirian perusahaan ini membutuhkan kesabaran yang ekstra karena prosesnya terbilang cukup rumit.

Berikut beberapa tahapan yang harus dilalui untuk pembuatan akta pendirian perusahaan :

  • Langkah pertama, mendatangi notaris untuk menyerahkan persyaratan berupa dokumen-dokumen yang dibutuhkan
  • Setelah itu, notaris akan melakukan pengecekan terhadap nama perusahaan. Notaris mengecek ketersediaan nama terlebih dahulu dikarenakan untuk nama sebuah perusahaan tidak boleh ada yang sama
  • Apabila nama perusahaan yang diajukan disetujui oleh notaris, maka notaris akan membuat draft akta perusahaan anda
    Tunggu hingga pembuatan draft akta selesai dibuat, lalu cek apakah sudah sesuai atau belum dan apakah ada yang perlu direvisi atau tidak
  • Selanjutnya, jika dokumen sudah cocok dan sesuai dengan fakta, maka notaris akan meminta tandatangan direktur dan komisaris
  • Terakhir, notaris membuat salinan akta perusahaan kemudian akan mendaftarkan kata tersebut di Kementrian Hukum dan HAM untuk pengesahan akta (nantinya juga akan diperoleh Surat Keterangan Terdaftar)

Proses pembuatan akta pendirian perusahaan memang cukup rumit. Namun tenang saja, untuk pembuatan akta CV ini merupakan tanggung jawab notaris. Biasanya, saat pembuatan akta pendirian perusahaan, notaris juga sekaligus akan mendaftarkan NPWP perusahaan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Fungsi Akta Pendirian Perusahaan

Akta pendirian perusahaan memiliki fungsi penting, yakni sebagai legalitas sebuah perusahaan di mata hukum Indonesia. Dengan keberadaan dokumen ini akan memberi kejelasan status sebuah CV tentang perusahaan tersebut. Selain itu, juga berfungsi sebagai syarat untuk pengurusan TDP dan SIUP.

Biaya Pembuatan Akta Perusahaan

Pembuatan akta pendirian perusahaan yang diurus oleh notaris ini membuat pemilik badan usaha harus menyerahkan sejumlah biaya pembuatan akta pendirian perusahaan. Biaya pembuatan akta tidaklah sama antara satu daerah dengan daerah lainnya, ini tergantung dari kebijakan masing-masing daerah. Namun untuk pembuatan SIUP dan TDP memiliki biaya administrasi sendiri, tidak termasuk biaya pembuatan akta pendirian perusahaan.

Pentingnya membuat akta pendirian perusahaan akan menjadikan perusahaan anda menjadi lebih profesional. Oleh karena itu, segera penuhi persyaratan pembuatan akta pendirian perusahaan lalu serahkan pada notaris untuk segera diproses.

Bagi anda yang mengalami kendala dalam pengurusan NIB,  Biro Jasa PT. Amanah Legal Solusindo siap melayani Jasa Pengurusan Akta Pendirian Perusahaan dengan harga terjangkau. Untuk  informasi selengkapnya silahkan hubungi kami via telepon atau WA ke nomor yang tertera di bagian bawah website ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.5 / 5. Vote count: 19

No votes so far! Be the first to rate this post.